Serapan APBD Tebo Capai Rp 305 Milyar

Selasa, 10 Juli 2018 | 08:52:56 WIB

ilustrasi
ilustrasi Istimewa/Bangko Independent

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Realisasi Serapan APBD Kabupaten Tebo pada Triwulan Kedua menjawab kekuatiran pemerintah daerah dari serapan triulan pertama hanya Rp 148 milyar. Angka ini disampaikan langsung oleh  Kepala badan keuangan daerah Kabupaten Tebo, Nazar Efendi kemarin  (9/6).

 Nazar menguraikan, hingga  Juni 2018 serapan APBD Tebo sudah mencapai angka Rp 305 Miliar atau sekitar 29 persen dari APBD Tebo Tahun 2018 yang sebesar Rp 1,05 Triliun.

“Hingga saat ini, serapannya sudah mencapai angkat 305 miliar atau 29 persen dari APBD” ungkap Nazar.

 Sejauh ni tidak ada kendala dalam realilsasi APBD. Kebanyakan proyek baru selesai tender dan baru akan mulai dikerjakan. Semuanya berjalan sesuai jadwal dan tidak ada kendala, saat ini kebanyakan proyek-proyek baru selesai proses tender dan akan mulai dikerjakan.

Untuk memastikan banyaknya pekerjaan proyek yang belum jalan, salah satu contoh di dinas PUPR Tebo, seperti yang diungkap Kadis Hendri Nora, dimana  sejumlah proyek vital di dinas yang telah dinyatakan menang dalam proses tender hingga kini belum dikerjakan oleh pihak rekanan.

 Salah satunya Proyek di Dinas PUPR Tebo Bidang Bina Marga yakni Proyek Jembatan Desa Purwoharjo yang nilainya mendekati Rp 4 Milyar, Peningkatan Jalan di Kecamatan Muara Tabir Rp 18 Milyar, sementara di bidang Cipta Karya 3 Islamic Center dan dibidang Sumber Daya Air dengan nilai kurang lebih Rp 3 Milyar.

"Saat ini, kegiatan di Dinas PUPR ada 18 Paket sudah di ULP dan kami masih menunggu mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa kontrak," terang Hendri Nora  

Perlu diketahui bahwa serapan APBD Tebo tahun 2018 triwulan pertama lalu sempat menghawatirkan. Dimana baru mencapai angka Rp 148 Miliar atau sekitar 13,76 persen dari APBD Tebo yang sebesar Rp 1,05 Triliun.

Rendahnya serapan APBD Kabupaten Tebo pada triwulan Pertama ini diakui oleh Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tebo, Nazar Efendi. Namun dirinya yakin kedepannya serapan APBD pasti akan meningkat.  Hal tersebut dikarenakan proses lelang sdh jalan dan kontrak sdh ditanda tangani. Sehingga adanya pencairan uang muka kepada pihak ke tiga tentunya akan membuat serapan APBD meningkat.(abu)






BERITA BERIKUTNYA

loading...