Mantan Perdana Menteri Pakistan dijatuhi Hukuman 10 Tahun Penjara

Minggu, 08 Juli 2018 | 07:36:20 WIB

 Mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dijatuhi hukuman 10 tahun penjara (Tribune)
Mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dijatuhi hukuman 10 tahun penjara (Tribune)

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Ia dikenai hukuman penjara akibat korupsi oleh pengadilan Islamabad pada Jumat, (6/7).

Pengadilan di Ibu Kota Islamabad juga menjatuhkan denda sebesar USD 10,58 juta kepada Sharif. Ini merupakan pukulan telak bagi mantan pemimpin Pakistan tersebut.

Sharif bersama putrinya Maryam Nawaz, dan menantunya Mohammad Safdar dinyatakan bersalah. Mereka membeli empat apartemen di Avenfield House di area Park Lane, London, pada 1993. Mereka membeli sejumlah apartemen tersebut dengan dana haram.

Mantan Perdana Menteri Pakistan dijatuhi Hukuman 10 Tahun Penjara
Sharif bersama putrinya Maryam Nawaz, dan menantunya Mohammad Safdar dinyatakan bersalah. Mereka membeli empat apartemen di Avenfield House di area Park Lane, London, pada 1993 (Scroll)

Seperti dilansir Anadolu, Sabtu, (7/7), Maryam dan suaminya Safdar divonis tujuh tahun dan satu tahun penjara. Keduanya juga didiskualifikasi dari peserta pemilihan umum yang akan datang.

"Pengadilan juga memerintahkan keempat apartemen London itu disita. Juga menjatuhkan denda USD 2,65 juta kepada Maryam," kata Jaksa Penuntut Sardar Muzzafer Abbasi.

Sebelumnya, Sharif sudah dilarang memegang jabatan publik oleh Mahkamah Agung karena skandal Panama Paper. Skandal ini menggiring penyelidikan dan dakwaan tiga kasus korupsi, termasuk kasus properti Avenfield terhadap Sharif dan keluarganya.

Para terdakwa saat ini diberi kesempatan untuk mengajukan banding ke pengadilan tinggi dalam tujuh hari, dan banding lagi sampai ke tingkat Mahkamah Agung.

Seperti dilansir The Guardian, Partai Pakistani Muslim League menolak keputusan pengadilan yang mendakwa Sharif. Kakak Sharif, Shahbaz Sharif mengatakan, ini merupakan fase gelap negara ini. "Tak ada bukti nyata dan jelas dalam semua kasus yang menimpa Sharif."

Saat ini Sharif sedang menemani istrinya yang sakit di London. Kulsoom Nawaz, istri Sharif sakit kanker.

(met/JPC)






BERITA BERIKUTNYA

loading...