Kesiapan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Sabtu, 07 Juli 2018 | 12:58:16 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Kali ini ajang pertandingan olahraga antar negara di Asia siap dilaksanakan di Indonesia. Ini setelah pertama kali Indonesia pada tahun 1962 menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di Asia, yaitu Asian games yang ke-IV.

Kemudian sejarah terulang kembali yaitu dengan ditunjuknya kembali Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan Asian Games yang ke-XVIII. Membutuhkan waktu yang cukup lama (56 tahun) Indonesia dipercayai kembali untuk menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di Asia.

Perhelatan olahraga terbesar tersebut akan diselenggarakan mulai tanggal 18 Agustus – 02 September yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, diikuti oleh 45 negara di Asia.  Kemudian pemerintah menargetkan tiga tujuan dalam penyelenggaraan Asian Games yaitu dengan sukses dalam prestasi, sukses dalam dalam administrasi, dan sukses dalam penyelenggaraan.

Dalam kesempatannya menjelang pelaksanaan Asian Games para mahsiswa Pascasarjana Program Doktoral Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2017, mengadakan seminar tentang kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, dengan tema “Spirit Energy for Asian Games 2018” yang dilaksanakan pada 9 Mei 2018 di Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta.

Dalam pelaksanaan seminar tersebut mengundang beberapa materi  ahli di bidangnya yaitu pertama perwakilan dari KEMENPORA Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga yaitu Prof. Dr. Mulyana, M.Pd, Kedua perwakilan dari akedemisi yaitu Prof. Dr. dr. James Tangkudung, SPortmed,.M.Pd, dan ketiga dari Pemerintah DKI Jakarta selaku tuan rumah yaitu Tomi Ari Sudewo.

Dari semua pemateri yang ahli di bidangnya, sangat optimis dengan kesiapan Indonesia mnejadi tuan rumah Asian Games 2018 dalam menyelenggarakan event ini, yaitu sukses dalam penyelengaraan, sukses dalam prestasi, dan sukses dalam administrasi.

Dalam pemaparan yang diberikan para pemateri menyapaikan pertama Prof. Dr. Mulyana, M.Pd yaitu hal ini pemerintah khususnya Kemenpora mendukung segala sesuatunya demi kesuksesan di Asian Games dengan pemberian bonus yang tinggi untuk para atlet yang meraih medali. Kemudian yang kedua dari akademisi Prof. Dr. dr. James Tangkudung, SPortmed,.M.Pd Indonesia optimis bisa menembus posisi 10 besar ini sesuai dengan kajian sport scince yang ia lakukan, menurut beliau Indonesia tidak hanya bisa menembus posisis 10 besar akan tetapi bisa 8 besar dengan segala keuntungan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, prediksi Indonesia bisa menempati 8 besar dilihat dari beberapa cabang olahraga yitu bulutangkis, pencak silat, panjat tebing, angkat besi, wushu, jet sky taekwondo, bridge, panahan, dayung, dan paralanyang dengan perolehan mendali 16-18 emas dari keseluruhan cabang olahraga tersebut.

Kemudian pemaparan pemateri terakhir yang disampaikan oleh perwakilan dari pemda DKI Jakarta Tomi Ari Sudewo menyampaikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian games khusunya di Jakarta dengan pembangunan beberapa venue yang ada di Jakarta 80 persen hampir rampung proses pembangunan dan beliau mengatakan pada saat pelaksanaan Asian Games nanti bulan Agustus semua venue yang berada di Jakarta sudah bisa digunakan. (*)






BERITA BERIKUTNYA

loading...