Aplikasi Seru untuk Edit Video Perjalanan Mudik Kamu, Gampang Banget

Rabu, 13 Juni 2018 | 11:30:04 WIB

 Ilustrasi: smartphone (pixabay)
Ilustrasi: smartphone (pixabay)

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Mengabadikan setiap momen berharga tentu menyenangkan. Bukan cuma urusan jepret dan ambil gambar video saja. Lebih jauh dari itu, mengabadikan momen menjadi satu cerita utuh tentu akan lebih berkesan bagi kamu, bahkan sulit dilupakan.

Masih soal tips mudik ala Tekno JawaPos.com, kali ini kami akan memberikan deretan aplikasi editing video yang bisa dipakai membuat momen mudik lebaran kamu makin nggak terlupakan. Bersama orang-orang terkasih, kamu bisa olah rangkaian gambar menjadi video yang kece banget.

Caranya juga mudah, hanya lewat smartphone. Ya, smartphone. Tidak butuh cara yang ribet lewat komputer atau laptop. Cukup lewat smartphone kemudian unggah ke sosial media kamu.

 

Adobe Premiere Clip.

Adobe Premiere Clip, edit video smartphone
Aplikasi editing video smartphone, Adobe Premiere Clip. (Screenshoot)

Pada deretan teratas, JawaPos.com merekomendasikan aplikasi edit video Adobe Premiere Clip. Adobe sebelumnya memang sudah terkenal sebagai aplikasi editing. Namun eksistensinya masih banyak dikenal sebagai aplikasi profesional yang bertengger di program komputer atau laptop saja.

Aplikasi Adobe kini banyak yang hadir di perangkat smartphone. Seperti Adobe Premiere Clip yang ada pada perangkat Android dan iOS. Layaknya aplikasi smartphone yang mengutamakan kemudahan pengguna, aplikasi ini juga demikian. Namun sebelumnya, aplikasi edit video ini mengharuskan penggunanya untuk mendaftar ke Adobe ID secara gratis.

Selepas itu, kemudian kamu bisa langsung mengakses aplikasi edit video ini dengan mudah. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat video pengguna lain melalui aplikasi Adobe Premiere Clip. Kendati aplikasi ini mudah untuk digunakan, namun Adobe Premiere Clip tetap mempertahankan citranya sebagai aplikasi profesional.

Artinya, kamu tidak akan menemukan stiker atau font-font tulisan lucu untuk menambah semarak hasil editing video kamu. Sebagai gantinya, pengguna akan dihadirkan efek video lain yang tak kalah kece. Hal ini akan semakin membuat video kamu tampak elegan bak sentuhan editor profesional.

 

InShoot – Editor Video

InShoot – Editor Video, edit video smartphone
Aplikasi editing video smartphone, InShoot – Editor Video (Screenshoot)

Pada tempat kedua, ada aplikasi sejenis dengan nama InShoot –Editor Video. Aplikasi ini bisa kamu temukan bagi kamu pengguna Android atau iOS. Pada lama Google Play, aplikasi ini bahkan termasuk salah satu pilihan editor. Artinya aplikasi ini direkomendasikan oleh Google Play sebagai aplikasi yang memiliki rating tinggi.

Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi yang handy, komprehensif dan menyenangkan. Seperti layaknya aplikasi editing video, aplikasi ini juga menyediakan berbagai efek menarik seperti filter, teks, musik, stiker, dan efek blur.

Selain itu ada juga fitur picture in picture yang bisa membuat video kamu semakin menarik. Dengan resolusi keluaran video hingga 1080 P. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk langsung membagikan video hasil karyamu ke sosial media semisal Facebook dan Instagram.

 

KineMaster

KineMaster, edit video smartphone
Aplikasi editing video smartphone, KineMaster (Screenshoot)

Ada di urutan ketiga, aplikasi editing video bernama KineMaster. Serupa dengan aplikasi sebelumnya, KineMaster juga memungkinkan kamu untuk mengedit dan merekam video melaui aplikasi dengan sangat mudah. Bisa juga menambahkan teks pada video yang kamu rekam.

Beberapa pilihan audio juga tersedia dalam aplikasi versi gratis, selebihnya kamu bisa mendapatkan dengan menggunakan aplikasi KineMaster berbayar. Aplikasi edit video terbaik ini juga mengizinkan penggunanya untuk menggunakan MP3 sebagai pelengkap video.

Lainnya, beragam efek menarik juga tersedia mulai dari tema video, filter, animasi, transisi, stiker, dan teks. Efek-efek tersebut akan membuat tampilan video di hari raya kamu semakin kece pastinya.

 

FilmoraGo

FilmoraGo, edit video smartphone
Aplikasi editing video smartphone, FilmoraGo (Screenshoot)

Keempat, ada aplikasi dengan nama FilmoraGo. Aplikasi edit video yang tersedia untuk Android dan iOS ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan aplikasi untuk desktop yang menyasar para profesional. Kamu hanya perlu memilih video maupun foto dari perangkat yang kamu pakai kemudian tinggal dibawa ke layar utama pengeditan video.

Keunggulan dari aplikasi ini yakni dukungan fitur picture in picture. Fitur tersebut memungkinkan kamu menambahkan foto maupun video dalam video utama. Kemudian tak hanya itu, aplikasi edit video ini juga menyediakan background unik agar video kamu semakin menarik. Transisi dan efeknya juga tersedia dalam berbagai variasi. Tinggal kamu pilih, mana yang paling sesuai dengan kamu dan momen mudik kamu.

 

Quik by GoPro

Quik by GoPro, edit video smartphone
Aplikasi editing video smartphone, Quik by GoPro (Screenshoot)

Pada posisi terakhir ada aplikasi besutan vendor kamera aksi GoPro yang bernama Quik. Quik tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Aplikasi ini sejatinya tersedia untuk kamu pemilik kamera aksi GoPro.

Namun bagi kamu yang tidak punya tetap bisa memakai aplikasi ini sebagai aplikasi editing video. Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan yang mana salah satunya adalah editing singkat dan otomatis.

Kamu tinggal memilih gambar baik foto ataupun video untuk kamu 'jahit' menjadi satu rangkaian video menarik. Setelah memilih, Quik akan langsung mengedit sendiri video kamu. Jika sudah selesai, kamu akan diberikan notifikasi untuk melihat pratinjau hasil editing kamu.

Jika masih kurang kamu juga bisa memoles sendiri hasil editingnya seperti efek musik, tema, transisi, stiker, dan lainnya. Menariknya, video kamu yang memiliki efek musik untuk di-upload ke YouTube tidak akan tersandung masalah copyright. Sebab pada aplikasi ini, seluruh efek musiknya sudah dibebaskan dari hak cipta.

Demikian deretan aplikasi editing video yang bisa kamu gunakan untuk memoles hasil tangkapan kamera ponsel kamu. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada tips Tekno JawaPos.com selanjutnya.

(ryn/JPC)






BERITA BERIKUTNYA

loading...