Waduh... di Sarolangun, 25 Wanita Menjanda Setiap Bulan

Rabu, 13 Juni 2018 | 11:16:59 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Angka perceraian di Kabupaten Sarolangun masih tinggi. Di pertengahan tahun 2018, persisnya Mei ini saja, tercatat 129 perkara putusan perceraian di Pengadilan Agama (PA) Sarolangun. Itu artinya, setiap bulannya terdapat rata-rata 25 pasangan bercerai.


Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Sarolangun Arsad, mengatakan, selama tahun 2017 saja terdapat 285 perkara yang masuk dan sebanyak 223 diantaranya diputuskan. Dengan demikian, jumlah angka perceraian di Sarolangun masih akan terus bertambah. "Rata-rata jumlah pengajuan perkara perceraian di hampir 200 setiap bulannya," kata Arsad.

 Maraknya kasus perceraian di Sarolangun justru lebih didominasi oleh cerai gugat, yakni cerai yang dimintakan oleh pihak perempuan. “Hingga Mei 2018 perkara cerai gugat yang banyak itu dari pihak perempuan hampir tiga berbanding satu. Dan untuk perkara yang sudah diputuskan sudah mencapai 60 persen" paparnya.


Faktor ekonomi, lanjutnya, ternyata bukan menjadi penyebab mayoritas kasus perceraian. Paling banyak, yakni disebabkan perselisihan dan pertengkaran terus menerus serta meninggalkan salah satu pihak. “Alasan paling banyak perceraian disebabkan oleh perselisihan, dikarenakan rasa tanggung jawab pihak suami itu kurang. Biasanya itu karena faktor nikah terlalu dini,” jelasnya.

 Di Kecamatan Sarolangun, tercatat paling banyak terjadi kasus perceraian, disusul Kecamatan Singkut, Pelawan, Mandiangin, Pauh, Air Hitam, Bathin VIII, Cermin Nan Gedang, Limun dan yang paling sedikit kasus perceraian ada di Kecamatan Batang Asai.

 Pihaknya berharap kasus perceraian di Sarolangun dapat diminimalisasi. Hal itu dilaksanakan dengan selalu berupaya menjaga keutuhan dan membina rumah tangga dengan baik. Pernikahan dini dengan kondisi mental masih labil juga dapat menjadi pemicu penyebab terjadinya perceraian. "Dengan merencanakan berkeluarga secara matang, dapat meminimalisasi maraknya kasus perceraian,” pungkasnya. (way/ira)






BERITA BERIKUTNYA