Takut Data Pribadinya Bocor, Kim Jong Un Selalu Bawa Toilet Pribadinya

Rabu, 13 Juni 2018 | 11:13:54 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Selain menandatangani beberapa kesepakatan dalam pertemuan puncak dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un kembali menarik perhatian sebab ia membawa toilet portabelnya sendiri yang selalu dibawa ke manapun ia pergi.

Kim diketahui membawa toilet portabelnya ke Singapura saat melakukan pertemuan puncaknya dengan Trump. Kantor Berita Korea Selatan, The Chosunilbo melaporkan, Kim tiba di Singapura dengan pesawat Boeing 747 milik Air China yang didampingi pesawat angkut IL-76.

Pesawat angkut Kim berisi muatan makanan dan limusin. Selain itu juga mengangkut toilet portabelnya.

Takut Data Pribadinya Bocor, Kim Jong Un Selalu Bawa Toilet Pribadinya

Informasi tersebut berdasarkan keterangan dari Lee Yun Keol yang bekerja di Unit Komando Garda Korut. Kim membawa toilet portabelnya saat menyebrangi Korsel pada 2015 lalu.

Lee mengatakan, daripada menggunakan toilet umum, Kim memiliki toilet pribadi yang dapat dibawa ke manapun ia pergi seperti dilansir Vanguard pada Selasa, (12/6). Hal tersebut dilakukan dengan alasan melindungi kebocoran informasi literal.

"Sekresi pemimpin mengandung informasi mengenai status kesehatannya sehingga tidak boleh sampai sembarangan tertinggal," jelas Lee.

Seorang sumber di Provinsi Pyongan Selatan yang akrab dengan Komando Pengawal Kim mengatakan, toilet tidak hanya terdapat di kendaraan pribadi Kim. Namun mobil kecil atau kendaraan apapun yang ia tumpangi harus terdapat toilet bahkan dalam kendaraan yang dirancang untuk menghadapi medan pengunungan maupun salju.

Bukan hanya saat pertemuan di Singapura, toilet pribadi tersebut bahkan turut serta saat Kim melakukan inspeksi di lapangan pangkalan militer dan pabrik yang dijalankan di negaranya sendiri. Bahkan ada kamar mandi khusus yang dibangun ke dalam setiap konvoi kendaraan Kim Jong Utrz(trz/JPC)






BERITA BERIKUTNYA