Kelayakan Bus Angkutan Diperiksa

Kamis, 07 Juni 2018 | 11:19:20 WIB

PERIKSA : Petugas saat melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan di Terminal Bus tipe A Sri Bulan, Sarolangun.
PERIKSA : Petugas saat melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan di Terminal Bus tipe A Sri Bulan, Sarolangun.

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Angkutan lebaran di Terminal Bus tipe A Sri Bulan, Sarolangun, diperiksa petugas. Pemeriksaan kelayakan kendaraan atau ramp check ini dilakukan untuk memastikan angkutan yang akan dioperasionalkan pada saat mudik lebaran dalam kondisi prima.

"Ramp check untuk memastikan angkutan lebaran ini laik jalan saat arus mudik nanti. Jadi ada persiapan jika ada bus yang belum laik untuk disiapkan pas nanti lebaran," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal tipe A Sri Bulan, Kabupaten Sarolangun, Ishak.

Dia mengatakan, pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan pralebaran, dan memasuki mudik lebaran nanti, ramp check dilakukan setiap hari. "Ini pemeriksaan pra-angkutan lebaran. Setelah itu, masuk angkutan lebaran. Ramp check akan dilakukan setiap hari," ucapnya.

Dijelaskan Ishak, ramp check bertujuan untuk memastikan kendaraan angkutan lebaran yang layak jalan demi keselamatan penumpang dan awak bus. Seluruh komponen diperiksa termasuk sistem rem dan sistem lampu. Kendaraan yang lulus ramp check, akan diberi stiker dan ditempel di kaca kendaraan.

Hingga Senin (4/6), petugas masih menemukan adanya pelanggaran penyimpangan trayek, kelengkapan surat yang mati dan tidak lengkap, beberapa alat kelengkapan jalan belum ada seperti tidak ada segitiga pengaman, kotak obat dan palu pemecah kaca.

Dia meminta para pengelola bus yang tidak lulus uji itu supaya segera melengkapi angkutannya dengan peralatan tersebut. Serta diberi surat peringatan. Bus bermasalah itu dilarang mengangkut penumpang, selain akan ditilang dan dikandangkan.

“Kalau  ditemukan kendaraan tidak layak kami akan kandangkan atau menunda perjalanannya, namun sejauh ini belum ada pelanggaran yang fatal hanya kita beri peringatan saja,” pungkasnya. (way)






BERITA BERIKUTNYA