Hasbi: Kiblat Puluhan Masjid Melenceng

Rabu, 06 Juni 2018 | 11:53:18 WIB

Akibat Pergeseran Bumi dan Pengukuran Kurang Tepat
Akibat Pergeseran Bumi dan Pengukuran Kurang Tepat

Bangko-independent.com-Arah kiblat tempat ibadah umat Islam di Kabupaten Bungo masih banyak yang melenceng. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bungo Hasbi, Senin (4/6). “Jumlah masjid yang salah kiblat ada puluhan, rata-rata masjid yang sudah lama dibangun,” kata Hasbi.

 

Tak dijelaskan secara detail masjid mana saja yang salah kiblat. Pihak Kemenag hanya mengaku sudah memperbaiki arah kiblat beberapa masjid. Kemenag juga tak mengetahui secara pasti penyab banyaknya masjid yang melenceng arah kiblat, kemungkinan cara pengukuran orang dulu kurang tepat. Atau bisa jadi adanya pergeseran bumi.

 

Apa solusi untuk persoalan tersebut? Hasbi mengaku akan lebih intens memberikan bimbingan kepada pengurus-pengurus masjid dan pegawai sarak yang ada di Kabupaten Bungo. “Jika ada yang merasa kiblat masjidnya kurang tepat, laporkan dengan kami, kami akan turun untuk mengeceknya,” kata Hasbi.

 

Untuk masjid yang sudah dibangun, namun salah kiblat, kata Hasbi, tak harus dirobohkan. Sebab biaya yang dikeluarkan untuk membangunnya kembali cukup mahal. Namun solusinya adalah merubah posisi Salat atau bisa dilakukan dengan cara memiringkan sedikit arah sejadahnya.

 

"Kita minta pengurus-pengurus masjid dan pegawai sarak untuk berkoordinasi dengan pihak Kemenag, salah satunya bisa dengan Kepala KUA setempat. Selain itu pengurus juga bisa mengecek langsung arah kiblat yang ada apakah sudah benar atau belum dengan melihat di kompas kiblat,” pungkasnya.(run/bi/ira)






BERITA BERIKUTNYA