Sungai Semayo Harus di Normalisasi

Senin, 30 April 2018 - 08:38:13 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa/Bangko-Independent.com

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Pemukiman warga Semayo Kelurahan Pasar Rantau Panjang Kecamatan Tabir yang setiap hujan turun selalu saja digenangi air. Kondisi itu akibat dari luapan air Sungai Semayo, maka dari itu. Warga Semayo meminta kepada Pemerintah Kabupaten Merangin untuk melakukan pengerukan aliran sungai Semayo yang mengaliri permukiman mereka. 

Menurut warga, genangan air yang terus terjadi setiap hujan turun diakibatkan oleh kondisi sungai yang sudah dangkal. Selain itu juga diakibatkan material lumpur yang sudah sangat tebal sehingga air dengan mudah meluap ke perumahan warga, karena daya tampung aliran sungai yang sudah sangat kecil.

"Kalau hujan pasti air sangat cepat meluap, karna sungai itu sudah dangkal dan sudah penuh lumpur dan sampah,  maka dari itu kami sangat berharab seklai pemerintah bisa melakukan pengerukan sungai semayo ini supaya agak dalam," tutur Usip warga setempat saat dibincngi Minggu (29/4). 

Hal senada juga diungkapkan Isot warga lainnya mengatakan selama ini wilayah Semayo Kelurahan Pasar Rantau Panjang. Ia menyebutkan, sebelumnya walaupun dekat dengan aliran sungai jarang kondisi air cepat dalam. Tetapi, karena lumpur yang sudah sangat tebal di sungai, makanya sekarang sangat mudah air meluap.

"Jadi, kami mohon agar ada pengerukan sungai Semayo ini. Kami bukan minta uang tapi hanya minta agar dikeruk aliran sungai yang kecil yang melintas di permukiman rumah warga yang ad di pingir sungai Semayo ini, pling yang dikeruk itu sekitar 200 Meter, dan kalau bis juga di buat beronjong," ungkapnya. 

Sementara itu, penyebab lumpur dan sampah yang banyak disebabkan oleh warga sejumlah perumahan yang berada di bagian perbukitan. Menurut warga, banyak tanah dan sampah yang kemudian terjatuh di sungai dan kemudian menjadi kondisi sungai bertambah dangkal. 

"Kalau hujan lebatkn tanah dan sampah dari atas tu turun ke sungai Makanya, kami minta pemerintah untuk bisa melakukan pengerukan, karena sudah jelas setiap hujan kami akan tergenang air, dan kami sangat meminta agar pemerintah dapat melakukan pengerukan sungai Semayi ini," ungkapnya. 

Terpisah Lurah Pasar Rantau Panjng Jaswir saat di bincangi mengatakan,  dengan kondisi yang sering kebnjiran,  pihak Pemerintah Kelurahan Pasar Rantau Panjang akan berusaha mencari selusi,  supaya luapan sungai Semayo tidak merendami permukiman warga yang ada di Kelurahan Pasar rantau panjang. 

"Kita akan bahas bersama nnti, supaya saat hujan air tidak meluap kerumah warga, dan kita pihk kelurahan akn terus berupaya mencari jalan selusi supaya jagan terendam lagi,  akan kita usahan demi keyamanan Masyarakat,"cetusnya. (mg02)






BERITA BERIKUTNYA

loading...