Rutin Dilakukan, ini Langkah Pencegah Cacingan Pada Anak dan Bumil

Minggu, 22 April 2018 - 10:41:33 WIB

 Ilustrasi. POPM Cacingan dilangsungkan dua kali dalam setahun, setiap bulan Februari dan Agustus untuk kabupaten atau kota dengan angka infeksi cacingan di atas 50 persen. (Istimewa)
Ilustrasi. POPM Cacingan dilangsungkan dua kali dalam setahun, setiap bulan Februari dan Agustus untuk kabupaten atau kota dengan angka infeksi cacingan di atas 50 persen. (Istimewa)

Infeksi cacingan pada anak akan memengaruhi produktivitasnya. Anak menjadi tak ceria, anemia, bahkan kecerdasannya bisa terhambat. Cacingan juga mempengaruhi asupan gizi anak.

Untuk itu, Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan mengadakan program pembinaan perbaikan gizi masyarakat yang sudah dimulai sejak 2015. Program ini memiliki dua target utama.

Pertama menurunkan angka cacingan pada usia balita, usia pra sekolah, dan anak usia sekolah dasar sebesar 10 persen secara bertahap. Target keduanya adalah meningkatkan capaian cakupan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Cacingan minimal 75 persen.

POPM Cacingan dilangsungkan dua kali dalam setahun, setiap bulan Februari dan Agustus untuk kabupaten atau kota dengan angka infeksi cacingan di atas 50 persen. Sedangkan, pada daerah dengan angka kurang dari 50 persen, pemberian obat cacing dilakukan setahun sekali.

“Kegiatan ini juga mencakup pemeriksaan cacingan kepada ibu hamil dengan gejala anemia dan pemberian obat cacing pada trimester kedua pada ibu yang mengalami infeksi cacingan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH, Dsc, dalam diskusi bersama Forum Ngobras baru-baru ini.

Adapun obat cacing yang dibagikan secara massal oleh Kemenkes adalah Albendazole dosis tunggal 400mg. Untuk menyempurnakan pemutusan rantai penularan infeksi cacingan, maka masyarakat juga perlu memerhatikan kebersihan perorangan.

Seperti membiasakan cuci tangan pakai sabun pada lima waktu kritis yaitu sebelum makan, sehabis buang air besar, sebelum menyusui, sebelum menyiapkan makan, setelah menceboki bayi, dan setelah kontak dengan hewan. "Kita juga perlu memerhatikan kebersihan lingkungan seperti menjaga kebersihan toilet dan pembuangan limbah," jelasnya.

Cacingan bisa diatasi dengan pemberian obat cacing. Jika pemberian obat cacing dilakukan secara masif maka tindakan ini bisa meningkatkan status gizi dan fungsi kognitif anak.

(ika/JPC)






BERITA BERIKUTNYA

loading...